Katanya Sudah Biasa

November 12, 2014


1 lagi undangan pernikahan. Sekarang sudah ada 4 undangan yang harus dihadiri. 3 dari kawan lama, sisanya undangan kerabat Jo.  Semuanya  belum genap dua puluh tahun, bahkan salah satunya masih kelas satu SMA, terpaksa drop out. Pernikahan dini. Hhhh.. Married by accident..
Harusnya sebagai teman saya bahagia mendengar kabar mereka akan menikah. Harusnya..
Tapi pernikahan mereka ada dalam situasi yang berbeda. Saya sedih, marah, prihatin.
Apa kabar perasaan para orang tua?

***

"Jadi kalian udah serumah? Orangtua  kalian gimana, udah tahu? Kenapa gak nikah aja mbak, biar gak jadi fitnah gitu. Dosa juga kan."
"Kita serumah sama orangtuanya kok, bapak ibunya baik. Nunggu aku hamil dulu Yan, baru deh nikah. Sedih juga, udah lama kok aku belum hamil juga. "
"Terus mbak nurut aja gitu?" Mata saya udah mau copot kayanya.
"Ya gimana, kan adatnya emang gitu, kan orang sana kalau anaknya gadisnya udah diminta kan sama aja kaya udah nikah. Lagian aku udah terlanjur cinta sama dia." ada gitu? adat macam mana?
"Terus mbak udah diminta atau dilamar gitu?"
"Ya belum sih.." lah gimana ini..
"Oh, gitu ya mbak, yaudah deh aku pulang duluan ya. "
"Hati-hati di jalanya Yan!"

OKE FIX.


Harus hamil duluan baru perempuannya dinikahi?

Terus, kalau gak hamil gak bakal dinikahi, gitu?
Harga diri perempuan kok rendah amat.

KOK ENAK? Teori macam mana.
Jadi pengen ngomong kotor kan..
KOTOR!

Laki perempuan sama aja. Udah tau zinah itu dosa masih aja diterusin.
Eh itu seriusan orang tuanya gak ngelarang?
Setahu saya sih AGAMA ataupun ADAT MANAPUN GAK ADA YANG MEMBOLEHKAN UMATNYA "Having sex before married"
Googling deh sana..
Hukumannya sama-sama neraka.
Situ gak percaya karma? Gak percaya dosa? Gak percaya neraka? Gak percaya Tuhan?
Kayanya gak ada orangtua yang gak sedih kalo liat kelakuan anaknya kaya begitu. 

***

Ah sudahlah, memang siapa yang peduli? Saya bukan siapa-siapa.
Saya cuma bocah yang punya pikiran sok tahu.
Gak berhak ngasih masukan macam begini.

Ya makanya saya nulis di sini. 

Maaf kalau misalnya saya menyinggung perasaan salah seorang dari kalian mungkin, saya gak ada maksud apa-apa, saya cuma sedih.
Saya sedih, pernah gak sih kalian pikirin perasaan orangtua kalian?

Karena pernikahan itu gak segampang cerita dalam dongeng..


Misalkan memang pernikahan satu-satunya jalan, semoga kalian semua berbahagia, punya anak yang lucu-lucu dan masa depan yang cerah :)
Aamiin.






NB: 
Buat anak baru gede ataupun udah gede tapi pikiran kaya anak-anak. Pikirin perasaan orang tua kalian. Sejelek apapun tabiat mereka menurut kalian, mereka tetap orang tua kalian. Ingat Tuhan. Jangan main-main kalo belum siap.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts